Amaliyah Puasa Ramadhan


Kepala Desa dan MUI Desa Masawah melakukan safari shalat tarawih keliling (Tarling) di Wilayah Desa Masawah. Shalat tarawih yang dihadiri oleh Kepala Desa dan MUI ini bertempat di Mesjid Jamie At-Taqwa RT. 005 RW. 002 Dusun Masawah Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis.

Bertindak sebagai Imam, ustadz Harun Ismail dan penceramah tarawih H. Oyo Rukmana. Pada tarling ini dihadiri Para Pengurus DKM, RT, RW, Kepala Dusun, Anggota BPD dan pejabat pemerintahan lainnya Tampak hadir tokoh masyarakat, ulama, santri dan masyarakat umum.
Setelah digelar shalat tarawih bersama kemudian diteruskan acara peringatan malam nuzulul qur’an. Tampak jamaah tarling dengan khidmat menyimak ceramah Ramadhan yang disampaikan oleh Penceramah H. Oyo Rukmana menyampaikan tentang amaliyah puasa Ramadhan.

Amaliyah terpenting selama bulan Ramadhan tentu saja adalah shiyam (puasa). Dan diantara amaliyah shiyam Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah ialah :
  1. Berwawasan yang benar tentang puasa dengan mengetahui dan menjaga rambu-rambunya. "Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian mengetahui rambu-rambunya dan memperhatikan apa yang semestinya diperhatikan, maka hal itu akan menjadi pelebur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya" (HR. Ibnu Hibban dan Al Baihaqi). 
  2. Menjauhi hal-hal yang dapat mengurangi atau bahkan menggugurkan nilai shiyam. Rasulullah SAW pernah bersabda : "Bukanlah (hakikat) shiyam itu sekedar meninggalkn makan dan minum, melainkan meninggalkan pekerti sia-sia (tak bernilai) dan kata-kata bohong" (HR Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah). Rasulullah juga pernah bersabda bahwa : "Barangsiapa yang selama berpuasa tidak juga meninggalkan kata-kata bohong bahkan mempraktekkannya, maka tidak ada nilainya bagi Allah apa yang ia sangkakan sebagai puasa, yaitu sekedar meninggalkan makan dan minum" (Hr Bukhori dan Muslim).
  3. Bersungguh - sungguh melakukan shiyam dengan menepati aturan-aturannya. Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan sepenuh Iman dan kesungguhan, maka akan diampunkanlah dosa-dosa yang pernah dilakukan " (HR. Bukhori, Muslim dan Abu Daud).
  4. Bersahur, makanan yang berkah (al ghoda' al mubarok ). Dalam hal ini Rasulullah pernah bersabda bahwa : "Makanan sahur semuanya bernilai berkah, maka jangan anda tinggalkan, sekalipun hanya dengan seteguk air. Allah dan para Malaikat mengucapkan salam kepada orang-orang yang makan sahur" (HR. Ahmad). Dan disunnahkan mengakhirkan waktu makan sahur .  
  5. Ifthor, berbuka puasa. Rasululah pernah menyampaikan bahwa salah satu indikasi kebaikan umat manakala mereka mengikuti sunnah dengan mendahulukan ifthor (berbuka puasa) dan mengakhirkan sahur. Dalam hal berbuka puasa Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa : "Sesungguhnya termasuk hamba Allah yang paling dicintai olehNya, ialah mereka yang bersegera berbuka puasa." (HR. Ahmad dan Tirmidzi). Bahkan beliau mendahulukan ifthor walaupun hanya dengan ruthob (kurma mengkal), atau tamr (kurma) atau air saja " (HR. Abu Daud dan Ahmad). 
  6. Berdo'a. Sesudah hari itu menyelesaikan ibadah puasa dengan berifthor, Rasulullah SAW seperti prilaku yang beliau lakukan sesudah menyelesaikan suatu ibadah, dan sebagai wujud syukur kepada Allah, beliau membaca do'a sebagai berikut ; Rasulullah bahkan mensyari'atkan agar orang-orang yang berpuasa banyak memanjatkan do'a, sebab do'a mereka akan dikabulkan oleh Allah. Dalam hal ini beliau pernah bersabda bahwa : "Ada tiga kelompok manusia yang do'anya tidak ditolak oleh Allah. Yang pertama ialah do'a orang-rang yang berpuasa sehingga mereka berbuka" (HR. Ahmad dan Turmudzi). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar